Jumat, 06 Februari 2015

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat ini disebabkan oleh penumpukan zat asam urat dalam darah. Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk ketika tubuh memecah bahan kimia dalam sel-sel yang dikenal sebagai purin. Kebanyakan asam urat akan dibuang dari tubuh melalui ginjal. Sejumlah kecil dikeluarkan melalui sistem pencernaan. Penyebab asam urat dijabarkan di bawah ini.

Kristal natrium

Asam urat biasanya tetap dilarutkan dalam darah dan melewati ginjal menjadi urin Anda sehingga dapat keluar dari tubuh Anda.

Jika Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau mengeluarkan terlalu sedikit ketika buang air kecil, asam urat akan membangun kristal mikroskopis natrium, yang biasanya akan mengendap pada sendi atau jaringan di sekitarnya. Penumpukan ini bisa menghasilkan rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan serangan asam urat.

Serangan asam urat paling sering terjadi pada sendi kaki dan tangan, mungkin karena suhu di sendi ini sering lebih rendah daripada bagian tubuh lainnya, yang meningkatkan kemungkinan pembentukan kristal. Lutut dan siku yang berikutnya yang paling sering terkena. Sendi dekat dengan tubuh, seperti bahu, pinggul, leher atau punggung sangat jarang terpengaruh.

faktor risiko penyebab asam urat

Beberapa hal dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam darah Anda, membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan asam urat. Faktor-faktor risikonya adalah:
  • kondisi medis yang dikenal untuk meningkatkan kadar asam urat
  • faktor gaya hidup - seperti diet atau beberapa jenis obat
  • genetika - gen tertentu yang mewarisi dari orang tua Anda mungkin akan membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan asam urat
Kondisi Medis Penyebab Asam Urat
Kondisi medis yang dapat meningkatkan resiko terkena asam urat meliputi:
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • diabetes - diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2
  • penyakit ginjal
  • memiliki tingkat tinggi kadar lemak dan kolesterol dalam darah Anda
  • memiliki osteoarthritis di kaki, lutut atau tangan
Beberapa jenis obat dapat meningkatkan kadar asam urat dan resiko terkena asam urat. Ini termasuk:
  • diuretik (tablet air), yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau penumpukan abnormal cairan dalam tubuh Anda
  • obat lain yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, seperti beta-blocker, inhibitor ACE dan calcium channel blockers
  • aspirin dosis rendah
  • niasin, yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi
Jenis Kelamin Mempengaruhi Penyakit Asam Urat
Pria lebih mungkin untuk mengembangkan asam urat daripada wanita karena kadar asam urat mereka meningkat selama masa pubertas dan tetap lebih tinggi daripada wanita sampai dewasa.

Selama menopause, wanita mengalami hal yang sama, meskipun kenaikan kadar asam urat mereka lebih kecil dibandingkan dengan pria saat pubertas. Hal ini menjelaskan mengapa gejala biasanya mulai lambat pada wanita dibandingkan pada pria.

Pola Makan Yang Menyebabkan Asam Urat

Makanan alami yang tinggi purin antara lain:
  • daging merah - seperti daging sapi, domba, dan babi
  • seafood - terutama kerang dan ikan berminyak
  • jeroan - seperti hati, ginjal dan jantung
Mengkonsumsi Alkohol Berisiko Asam Urat

Minuman beralkohol meningkatkan tingkat asam urat dalam darah dengan meningkatkan produksi di hati dan mengurangi zat asam urat yang keluar lewat urin.

Riwayat Keluarga

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam urat sering berjalan dalam keluarga. Sekitar satu dari lima orang dengan asam urat memiliki anggota keluarga dekat yang juga memiliki kondisi tersebut.

Hal ini masih belum pasti mengapa beberapa orang lebih rentan terhadap pembentukan kristal asam urat dan dari orang lain dengan kadar asam urat yang sama. Banyak orang dengan tingkat tinggi asam urat dalam darah dan jaringan tidak pernah mengembangkan asam urat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar